7 Tips Dan Catatan Yang Bisa Membantumu Mengahdapi Tekanan Keuangan

Dalam sebuah penelitian, nyaris setengah dari orang yang memiliki utang juga akan berakhir sebagai penderita gangguan psychological. Sementara itu, 86 persen orang yang sudah mengalami masalah mental mengaku merasa lebih parah ketika finansial mereka tengah tidak stabil. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol aliran kas hingga membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat, dan menyajikan knowledge secara realtime. Terkadang, ngatur dagangan yang disebut dengan ngatur arus kas keuangan menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh para pelaku usaha karena perlunya tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang menggelutiusaha kecil untuk menambah penghasilan. Sayangnya, banyak pula pelaku usaha yang kurang menyadari akan pentingnya mengatur keuangan dalam menjalankan usaha kecil.

Pos pertama adalah pengeluaran rutin yang mencakup kebutuhan makan, transportasi, listrik, juga uang pulsa. Pos kedua adalah pembayaran utang yang digunakan untuk melunasi tagihan di luar kebutuhan rutin, seperti tagihan kartu kredit ataupun tagihan kredit kendaraan jika Anda mengambilnya. Lalu pos yang ketiga adalah pos tabungan yang digunakan sebagai simpanan Anda. Kita tidak dapat memprediksi masa depan, hal apapun bisa saja terjadi, termasuk hal buruk yang tidak diinginkan. Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan pribadi yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya biaya pengobatan ketika jatuh sakit atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil mencari pekerjaan baru.

Memisahkan akun pribadi dan akun bisnis akan memudahkan dalam pelacakan arus kas perusahaan. Setidaknya, 7 dari 10 emak-emak mengaku kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga, dan hanya 1 dari 10 ibu yang melakukan pencatatan keuangan selama masa pandemi. PT Bank Commonwealth, meluncurkan CommBank Mobile, aplikasi perbankan baru yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan keuangan sehari-hari dan membantu dalam mengelola keuangan. Setiap bulannya kamu wajib membuat anggaran operasional dengan alokasi biaya anggaran yang sudah ditentukan. Berapa biaya untuk makan dan minum selama di luar rumah, biaya lifestyle seperti kumpul dengan teman, beli buku, dll; dan keperluan biaya bulanan lainnya.

Justru tagihan yang dibayar terlambat akan dikenakan denda dan menjadi pengeluaran tambahan yang merugikan. Namun, ada kiat-kiat khusus dalam mengatur keuangan yang harus dilakukan setiap orang ketika menghadapi masa-masa sulit. Dengan ratusan fitur yang saling berhubungan untuk mempercepat proses pembukuan, pengeluaran transaksi, pemasukan pendapatan, posting jurnal, pengelolaan stok opname, hingga laporan keuangan. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk kejadian-kejadian darurat yang menimpa ketika berbisnis. Keberadaan dana darurat ini penting agar bisnis bisa tetap berjalan meski kondisi di luar sedang kurang baik. Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan dari mencari pinjaman, salah satunya adalah mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

Untuk kamu yang masih boros dan kerap memiliki kebiasaan belanja implusif – biar nggak menyesal di kemudian hari, berikut ini 5 tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan. Karena sejatinya menafkahi anak dan istri merupakan kewajiban setiap kepala rumah tangga. Dan tugas istri bisa turut serta membantu untuk mengatur keuangan sebaik mungkin. Parents, semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda semakin cerdas mengatur keuangan keluarga.

KOMPAS.TV – Di masa pandemi wabah Covid-19 atau virus Corona, pengaturan keuangan keluarga tentu harus lebih bijak. Sehingga, kebiasaan baik yang harus segera dimulai lagi setelah Lebaran ialah mengalokasikan sebagian penghasilan untuk tabungan, investasi, danasuransi. Idealnya, ketiga pos itu mengambil porsi 10%-30% dari penghasilan bulananmu.

JAKARTA – Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil bisa dibilang tak susah. Banyak orang beralasan uang pemasukannya tidak bisa mencukupi keperluan yang harus dipenuhi. Tapi sebenarnya, yang dibutuhkan adalah menerapkan financial planning dan menghargai uang mulai dari nominal terkecil. Wabah Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 menyadarkan banyak orang bahwa persiapan finansial dan jaminan kesehatan keluarga sangat penting. Oleh sebab itu, Anda patut menyiapkan asuransi untuk penddikan anak dan kesehatan keluarga mulai sekarang.

Mungkin kita punya preferensi dengan selera makan atau jenis makanan tertentu yang suka kita beli di restoran langganan. Pertama, kebutuhan primer yang terdiri dari sandang, pangan dan papan. Jangan ragu untuk selalu mengecek dan mengawasi tagihan-tagihan tersebut.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan adalah dengan berdagang atau berjualan. Bahkan jika lancar, penghasilan dari berdagang bisa lebih tinggi dari penghasilan yang Sedulur dapat dari pekerjaan utama. EmpatKali adalah aplikasi cicilan tanpa bunga yang mempermudah urusan pembayaran dari setiap pembelanjaan barang favoritmu. Kamu bisa transaksi on-line di merchant associate EmpatKali sekarang untuk melengkapi koleksi favoritmu. Pertanyaannya, bagaimana dengan kebutuhan konsumtif seperti membeli baju, celana, atau sepatu? Salah satu caranya kamu bisa menggunakan fasilitas BNPL dari aplikasi EmpatKali.

Mengatur keuangan

Biasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, setidaknya di tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda. Semua orang tidak selamanya bisa dalam kondisi sehat, termasuk Anda.