3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik

Apakah itu untuk membayar listrik, air atau belanja mingguan di pasar? Dengan begitu, tidak ada satu rupiah pun yang dikeluarkan tanpa pembuktian yang jelas. Sebagai pekerja, kinerja di kantor akan menentukan gaji yang akan di dapat.

Hal terakhir ini wajib Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Anda melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui untuk kebutuhan apa saja Anda mengeluarkan dana yang besar. Terakhir, Dimas mengingatkan kondisi keuangan yang tidak sehat usai Lebaran karena ada tambahan beban utang.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk memeriksa kondisi keuangan dengan memanfaatkan fitur Financial Check Up. Mengetahui kondisi keuangan diperlukan untuk membantu kamu mengambil keputusan serta menangani berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan keuangan kamu . Pengeluaran tersebut harus dibuatkan pos-pos keuangannya, seperti misalnya cicilan, yang dibuatkan rekening khusus untuk cicilan. Begitu juga dengan tabungan, yang bisa dibuatkan rekening khusus untuk dana tabungan. Dalam membuat anggaran, utamakanlah pengeluaran yang bersifat produktif, seperti cicilan dan utang, setelah itu baru membuat anggaran-anggaran lainnya.

Selain membuat anggaran, Anda juga harus membiasakan diri untuk belanja rutin untuk kebutuhan sehari-hari. Menyiasati ini semua, Anda harus segera memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan anggaran untuk keinginan. Jangan sampai Anda menghabiskan semua uang untuk keinginan, dan yang menjadi kebutuhan malah tak terpenuhi. Jika yang Anda beli hanya sekedar untuk memenuhi keinginan semata, maka jangan lakukan itu.

Mengatur keuangan

Nah, kamu sebagai konsumen yang tidak pemasukan tetap dapat dengan pintar dan bijak memanfaatkan kesempatan yang ada. Jika kamu ingin berbelanja, manfaatkanlah setiap diskon yang diberikan oleh berbagai tipe produk. Siapa tau, kamu dapat menginginkan produk yang kamu mau tanpa harus mengganggu tabungan utama kamu. Jika kamu tinggal di kota besar tentunya ada banyak sekali nama restoran yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Apa saja yang kamu inginkan untuk dimakan, hampir dalam sekejap dapat ditemukan. Namun, tentunya makanan yang kamu inginkan di restoran tersebut akan dengan cepat menguras kocek secara berlebih.

Pastikan TemanBaik sudah tahu nominal dan alokasi dana yang harus dikeluarkan dalam jangka waktu sebulan ini. Setelah itu, TemanBaik bisa menimbang kembali, adakah pos pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihindari? Kalau pengeluarannya memang wajib, tidak harus diberhentikan whole kok, dikurangi saja sudah cukup. Di sisi lain, tambah Holeman, memiliki dana darurat juga bisa memberikan ketenangan pikiran bagi seseorang. Hal itu sangat dibutuhkan di tengah siklus berita yang sangat menakutkan belakangan ini. Bahkan, sejumlah laporan menyebutkan bahwa sudah ada beberapa orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini.

Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah mengevaluasi cicilan bulanan, terutama cicilan yang paling penting seperti rumah. Langkah pertama yang dilakukan untuk menghadapi period new normal yaitu dengan mengecek dana darurat dan kas bisnis. Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Sekarang Anda memiliki catatan kekayaan bersih, arus kas, dan nilai kredit. Atau ketika berjalan-jalan di mall, Anda tergoda untuk belanja barang-barang yang sebetulnya hanya keinginan belaka. Kendalikan pikiran Anda dengan fokus pada tujuan tabungan dan juga tujuan investasi yang akan dilakukan.