Ukm Paling Tertekan Pandemi Tapi Usaha Besar Terbanyak Pangkas Pekerja

30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan – Memiliki standing sebagai karyawan penuh waktu bukan berarti menjadi penghalang untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih selain dari gaji yang diperoleh. Pandemi virus Covid-19 yang menerpa seluruh negara di dunia membuat pembelajaran jarak jauh menjadi solusi yang tepat untuk tetap menjalankan aktivitas bagi anak sekolah. Momentum ini bisa kamu gunakan untuk mengajar les privat daring.

Bisnis dengan pekerja

Bukan tidak mungkin, ini bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan. Di masa penuh ketidakpastian ini, banyak yang dilakukan orang agar dapur tetap ngebul. Apakah Anda terbiasa memasak setiap hari sebelum berangkat kerja?

Apalagi, lembaga keuangan seperti pegadaian atau financial institution biasanya hanya memberikan pinjaman dana jika usaha memiliki prospek baik. Survei juga mencatat terdapat 42% pelaku usaha yang hanya mampu bertahan tanpa bantuan pemerintah selama tiga bulan ke depan sejak Juli 2020. Sedangkan 58% pelaku usaha menyatakan mampu bertahan lebih dari tiga bulan meski tanpa bantuan atau perubahan bisnis. Sarman menuturkan mogok kerja memang hak dasar pekerja dan buruh yang diatur dalam UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Seorang pengusaha harus membuat perencanaan untuk bisnis yang ia geluti. Sedangkan karyawan harus menjalankan apa yang menjadi tugasnya. Untuk memastikan perusahaan tetap berjalan aman, pengusaha harus terus menerus mengambil risiko besar. Untuk karyawan, mereka biasanya mengambil pekerjaan dengan risiko kecil. Di satu sisi, jenis-jenis usaha ini justru dapat dijadikan investasi kecil-kecilan saat karyawan tersebut juga masih berstatus sebagai pekerja kantoran. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menambah penghasilan, terutama bagi karyawan kantoran yang menganggap gaji mereka kecil.

Jika Anda memiliki mobil yang jarang dipakai atau bahkan tidak digunakan, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjadi peluang bisnis sampingan Anda. Memulai untuk melakukan bisnis sampingan bagi seorang karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Akan tetapi, masih banyak karyawan yang belum atau tidak ingin memulai bisnis sampingannya dikarenakan alasan modal. Membuat akun di Instagram secara menarik, menjadi influencer diiringi followers, serta interaksi yang banyak kepada netizen bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa endorse atau paid promote. Kamu bisa membuat konten menarik dan dimanfaatkan untuk memperoleh uang tambahan dari monetize video yang dibuat. Dunia media sosial, seperti Instagram serta situs penyedia video semisal YouTube sudah berkembang luas sampai saat ini.

Pandangan seperti ini tidak bisa langsung dicap sebagai hal yang salah atau tidak berani dalam bersikap. Justru karena ia memiliki prioritas akan kenyamanan keluarganya, maka memilih untuk berkarir sebagai karyawan. Alasan selanjutnya mengapa orang lebih memilih untuk menjadi karyawan adalah karena sudah merasa nyaman di pekerjaannya yang sekarang.