Tips Mengatur Keuangan Di Tengah Pandemi Covid

Hanya 2,7% responden saja yang berpendapat bahwa sewa hunian masih tetap menjadi pengeluaran terbesar mereka dalam sebulan. Fenomena ini mengindikasikan banyak mahasiswa yang akhirnya memilih pulang ke rumah orangtuanya saja. Patut diketahui pula, sebelum pandemi COVID-19 muncul masih ada responden yang mengantongi uang saku di atas Rp 20 juta per bulan. Hanya ada 1 responden dalam survei ini yang sumber uang sakunya berasal dari penghasilan kerja penuh waktu dan paruh waktu saja. Dengan adanya wabah Covid-19, pendapatan dari berbagai sektor pekerjaan dapat dipastikan akan menurun. Sedikit atau banyaknya jumlah pendapatan harus tetap dikelola agar kehidupan bisa menjadi lebih baik.

Uang bulanan yang diberikan orangtua, harus digunakan sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus kita utamakan. Sikap ramah terhadap lingkungan juga bisa menyelamatkan Anda dari belenggu hutang dan menumbuhkan sikap hemat dalam hidup Anda. Sikap-sikap yang turut membantu pelestarian bumi ini juga turut membantu Anda merealisasikan sikap hidup hemat. Kecanggihan teknologi sekarang ini kerap menjadi media alternatif para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Hal ini tentu sama-sama mempermudah kedua pihak, baik dari para penjual maupun calon konsumen.

Maka dari itu women, ketika meabung kamu harus benar-benar menjauhi diri dulu dari segala e-commerce, online store dan situs jual beli online lainnya. Apabila kamu telah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak-anak untuk melakukan hal yang sama. gratis untuk nonton bareng keluarga di rumah, dan masih banyak lagi. Pandemi seperti sekarang ini, sebenarnya menjadi momen tepat untuk kita menabung.

TIdak boros di masa pandemi

Kondisi seperti ini membuat pihak pengelola keuangan harus dengan sigap melakukan pengaturan pada biaya operasional kampus. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar semua sistem keuangan dapat dikelola dengan baik. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat biaya operasional kampus. Kamu boleh saja membandingkan, apakah susu merek A memiliki kandungan gizi yang sama dengan susu merek B dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, dana tabungan Anda bisa digunakan untuk modal membuka usaha atau dana hari tua nantinya. Menghemat pengeluaran juga menjadi hal yang sangat penting Anda lakukan di dalam keuangan. Jika selama ini menggunakan layanan jasa Asisten Rumah Tangga untuk mengurusi rumah, maka ada baiknya Anda mulai mengambil alih tugas tersebut.

Sebuah kehidupan hakikatnya tidak bisa diprediksi termasuk dengan keuangan, agar Sobat tidak kelimpungan jika harus mengeluarkan biaya dalam jumlah banyak saat ada kebutuhan yang tidak terduga. Tak bisa dipungkiri, penyebaran virus Covid-19 yang kian masif mengubah lini kehidupan semua orang dari beragam aspek. Perempuan 33 tahun yang memiliki usaha wedding organizer ini juga mengeluh kalau penghasilannya menurun drastis. Alasannya, banyak pasangan yang berpikir ulang menghelat pesta pernikahan di tengah virus yang belum juga mereda. Penghasilan yang tak pasti membuat Risna harus pintar memutar otak karena hidupnya tentu harus berjalan. Pandemi Covid-19 mungkin akan membuat Anda berinteraksi penuh dengan Si Kecil di rumah.

Dengan rajin membandingkan harga dan kualitas produk sebelum berbelanja, kamu bisa menghemat cukup banyak. Tetapi kami harus ingat, meskipun menggunakan fasilitas diskon dan promo, bukan berarti kamu bisa berbelanja secara gila-gilaan. Jangan karena ada promo, kamu jadi membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Strategi belanja lainnya yang bisa dilakukan adalah mengecek ulang daftar belanja bulanan kamu. Buat skala prioritas mana barang yang paling penting dibeli dan mana barang yang sama sekali tidak penting. Kamu harus ingat, masih banyak orang yang juga membutuhkan barang yang sama namun tidak memiliki uang.