Menjadi Pribadi Yang Berintegritas

Sulit untuk menelusuri lebih jauh, apakah penerapan prinsip tersebut telah membawa implikasi kepada kultur birokrasi pelayanan di Indonesia yang tidak dapat melakukan inisiatif dan inovasi pelayanan. Reformasi menurut temuan PERC terjadi di beberapa negara Asia seperti Thailand dan Korea Selatan. Peringkat Thailand dan Korea Selatan tahun 2000 membaik, meskipun di bawah rata-rata, yakni masing-masing 6,5 dan 7,5 dari tahun lalu yang 8,14 dan 8,7. Tahun lalu , hasil penelitian PERC menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi dan sarat kroniisme dengan skor 9,91 untuk korupsi dan 9,09 untuk kroniisme dengan skala penilaian yang sama antara nol yang terbaik hingga sepuluh yang terburuk. Pemimpin dapat bersifat laksana Api , yang bersifat tegak dan tidak pandang bulu. Kata-kata dapat dipegang, konsekuen dan penuh tanggung jawab atas semua perbuatannya.

BPK juga akan meningkatkan sinergi dengan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah sebagai mitra strategis untuk melaksanakan tugas konstitusional BPK dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. “Kemudian, perlu ditegaskan, pengelolaan keuangan negara ditujukan untuk mencapai tujuan bernegara dan untuk menjamin tercapainya tujuan tersebut maka berdasarkan ketentuan ayat 1 Pasal 23E UUD 1945, dilakukan pemeriksaan oleh BPK yang bebas dan mandiri,” jelasnya. Tidak cukup hanya dengan mengisi informasi dan data diri secara berurutan saja, wajib juga untuk mencantumkan kemampuan apa yang telah dimiliki.

Secara umum, tujuan dari manajemen SDM adalah untuk mengoptimalkan fungsi dari keseluruhan pekerja di sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuan lainnya sebagai sarana untuk mengoptimalkan kinerja manajer fungsional maupun manajer lini dalam mengelola seluruh karyawan atau pekerja dengan menggunakan cara dan upaya yang lebih efisien. Melalui kegiatan tersebut pula lah perusahaan mampu melakukan pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi, hingga pemutusan hubungan kerja agar tujuan yang telah dibuat dapat tercapai. Jangan karena alasan tidak menyukai salah satu karyawannya, padahal karyawan tersebut telah bekerja dengan baik, lalu atasan memberi penilaian yang buruk pada karyawannya tersebut.

Orientasi saja tidak dapat membuat orang yang tidak bisa menjadi bisa, melainkan hanya bersifat pengenalan. Oleh karena itulah, penting untuk tidak dengan mudahnya menyalahkan karyawan. Justru saat mereka tidak berhasil memberikan kinerja yang baik kita harus mengintrospeksi sistem pelatihannya terlebih dahulu.

Langkah tersebut membawa Anda untuk meluangkan waktu dalam mencari tahu mode komunikasi mana yang disukai oleh masing-masing anggota tim. Misalnya, apakah mereka menyukai komunikasi melalui teks, lisan dengan telepon, atau tatap muka? Selain itu, pemimpin yang baik juga menjadi pendengar yang hebat dan menarik bagi orang lain.

Sikap mandiri mendorong terbentuknya perilaku Hakim yang tangguh, berpegang teguh pada prinsip dan keyakinan atas kebenaran sesuai tuntutan ethical dan ketentuan hukum yang berlaku. Rendah hati memiliki makna bahwa seorang hakim hanyalah seorang manusia biasa yang tidak luput dari salah serta jauh dari kesempurnaan. Dengan memiliki sikap rendah hati maka akan tercipta sikap realistis mau membuka diri dan terus belajar menghargai pendapat orang lain, memiliki sikap tenggang rasa, serta mewujudkan kesederhanaan, penuh rasa syukur dan ikhlas mengemban tugasnya. Merujuk pada contoh di atas, EAP adalah program yang disponsori perusahaan yang menawarkan layanan untuk membantu pegawai dalam mengatasi masalah pribadi mereka. EAP berfokus pada penyelesaian dan bantuan karyawan setiap kali terjadi masalah pribadi yang menghalangi mereka untuk berfungsi sepenuhnya di tempat kerja.

Memperhatikan kinerja pribadi

Metode ini merupakan pemilihan yang mendasarkan pada catatan yang dibuat penilai atas perilaku karyawan yang sangat kritis, seperti sangat baik atau sangat jelek di dalam melaksanakan pekerjaan. Kinerja yang jelek mungkin menunjukan kebutuhan akan latihan demikian juga prestasi yang baik, mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan. Umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkan karyawan, manajer, dan departemen personalia dapat membetulkan kegiatan-kegiatan mereka untuk memperbaiki prestasi. Dalam memenuhi tujuan sosial, perusahaan bertanggung jawab atas kebutuhan anggotanya dan berupaya mengurangi dampak buruk atau merugikan dari tantangan tersebut. Karena perannya yang cukup penting bagi perkembangan perusahaan, memahami tentang manajemen SDM adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik perusahaan dan karyawan HRD. Untuk itu, simak rangkuman mengenai manajemen SDM serta tujuan pengeplikasiannya berikut ini.

Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk, dapat membagikan information pribadi Anda satu sama lain dengan perusahaan Unilever Group lainnya dan menggunakannya dengan cara yang konsisten dengan Pemberitahuan Privasi ini. Kami juga dapat menggabungkannya dengan informasi lain untuk meningkatkan produk, layanan, konten, dan iklan kami. Untuk melaksanakan program pelatihan terdapat beberapa meode yakni metode pelatihan dengan memberikan informasi dari pelatih kepada peserta pelatihan, proses ini hampir sama dengan kegiatan belajar mengajar. Bertanggung jawab pada hakekatnya bermakna kesediaan dan keberanian untuk melaksanakan semua tugas dan wewenang sebaik mungkin serta bersedia menangung segala akibat atas pelaksanaan tugas dan wewenang tersebut. Rasa tanggung jawab akan mendorong terbentuknya pribadi yang mampu menegakkan kebenaran dan keadilan, penuh pengabdian, serta tidak menyalahgunakan profesi yang diamankan. Kejujuran pada hakekatnya bermakna dapat dan berani menyatakan bahwa yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.

Perusahaan berupaya untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya secara transparan dan wajar melalui pengelolaan yang benar, terukur dan sesuai dengan kepentingan Perusahaan dengan tetap memperhitungkan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lain. Akuntabilitas merupakan prasyarat yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang berkesinambungan. Mereka harus menghindarkan pertimbangan pribadi dalam hubungannya dengan bawahannya maupun dengan anggota masyarakat yang dilayaninya. Aturan main itu merumuskan lingkup tanggung jawab para pemegang jabatan di berbagai posisi dan hubungan di antara mereka.

Meskipun contoh formulir tersebut kurang dalam hal ini, semakin rinci definisi mengenai factor-faktor dan tingkat-tingkat, semakin akurat penilai bias mengevaluasi kinerja karyawan. Kegunaan fungsional bersifat krusial, karena hasil penilaian kinerja dapat digunakan untuk melakukan seleksi, kompensasi, dan pengembangan pegawai, maka hasil penilaian kinerja harus legitimate, adil, dan berguna sehingga dapat diterima oleh pengambil keputusan. Penilaian kinerja sangat membutuhkan standar yang jelas yang dijadikan tolok ukur atau patokan terhadap kinerja yang akan diukur. Standar yang dibuat tentu saja harus berhubungan dengan jenis pekerjaan yang akandiukur dan hasil yang diharapkan akan terlihat dengan adanya penilaian kinerja ini.