15 Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Kecil, Super Mudah!

Pasalnya, percepatan teknologi semakin memudahkan banyak orang dalam memiliki rencana jangka panjang sekalipun mewujudkan rumah idaman. Sedulur bisa mendapatkan segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga murah, dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari dengan kualitas tinggi namun dengan harga yang tremendous murah. Selain itu, cara belanja juga sangat mudah, hanya dengan menggunakan smartphone, barang belanjaan Sedulur akan diantarkan oleh Aplikasi Super. Karena hutang akan lebih membebani Sedulur, terutama dalam pengelolaan uang bulanan.

Menggunakan anggaran tertulis untuk merencanakan pengeluaran dapat meminimalisir Anda dari resiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Selanjutnya, dalam mencampurkan keuangan pribadi dalam laporan keuangan yaitu mencatat uang keluar dari rekening perusahaan untuk membayar pengeluaran pribadi. Walaupun kamu masih muda, kamu harus buang jauh-jauh pemikiran bahwa menyiapkan tabungan hari tua atau dana pensiun bisa dilakukan nanti saat sudah tua. Seperti halnya prinsip kejar mimpi, semakin dini kamu memulai, semakin dini pula hasil yang akan kamu tuai.

Sedangkan kebutuhan tersier seperti anggaran untuk belanja baju, liburan, hingga anggaran untuk jalan-jalan dengan teman. Membuat rencana belanja bulanan secara tertulis sangat penting dilakukan. Jika sudah merencanakan belanja bulanan ini, setidaknya sudah bisa meminimalisir dari risiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Kamu perlu membuat anggaran bulanan secara tertulis dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Menjalankan usaha sebetulnya tidak semudah yang dibayangkan, karena ada banyak hal yang harus kamu kerjakan ketika menjalankan usaha. Mengatur keuangan juga bukan hal yang mudah, karena semua yang bersangkutan dengan uang memiliki risiko yang besar. Gaya hidup yang berlebihan membuat banyak orang kesulitan mengelola keuangan mereka. Penghasilan yang didapat tidak sebanding dengan pengeluaran untuk gaya hidup.

Bukan berarti kamu berhenti belajar setelah lepas dari jenjang sekolah, malah kamu bisa mendapat pelajaran banyak ketika terjun langsung ke lapangan. Seperti menjalankan usaha yang pasti memiliki banyak halang rintang dan risiko yang besar, sehingga kamu bisa mengelola dan mencari solusi berdasarkan pengalaman. Belajar juga dari kerabat, keluarga, atau orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis, supaya kamu bisa menyerap ilmu yang mereka terapkan.

Mengatur keuangan

Sebelum berutang, kamu juga bisa memilih cicilan dengan bunga nol persen agar beban bulananmu menjadi lebih ringan. Kumpulkan semua uang koin yang kamu dapatkan dan masukkan ke celengan. Gak perlu dihitung setiap hari, namun yang penting kamu selalu tambahkan tiap kali ada kesempatan. Nah boleh-boleh saja kalau kamu mau makan di luar sesekali, tapi jangan lupa dengan bujet bulananmu. Lebih hemat jika kamu bisa simpan bujet makan di luar untuk membeli sembako dan memasak sendiri untuk makanmu hingga 2-3 hari ke depan.

Contohnya jika kamu memiliki pemasukan Rp 6 juta dan ingin menabung sebesar Rp 2 juta setiap bulannya, maka kamu dapat menggunakan Rp 4juta lainnya untuk memenuhi biaya hidup secara terperinci. Nah, di masa-masa sulit sebaiknya kita lebih mengutamakan pos kebutuhan rutin, seperti; uang makan, belanja pokok, tagihan listrik dan air. Penting juga untuk menekan pengeluaran untuk gaya hidup dan sosial.